Berita Hangat Terbaru Waktu Yang Tepat Makan Buah

Selasa, 29 November 2011


Berita Hangat Terbaru Waktu Yang Tepat Makan Buah adalah perlu kita ketahui, disamping menambah wawasan tentang kesehatan namun juga lebih aman dalam mencerna makanan, pilih segelas yogurt bertabur banyak strawberry atau irisan melon dingin? Kesegaran buah memang selalu menggugah selera, terutama dinikmati saat cuaca panas. Setelah makan siang, buah pun sering dijadikan makanan penutup, meskipun konsumsi buah sangat dianjurkan, sayangnya, kebiasaan ini ternyata tidak terlalu baik untuk pencernaan Anda. Pasalnya, menurut Naini Setalvad, seorang ahli gizi, mengonsumsi buah setelah makan, akan membat tubuh kesulitan untuk mencernanya.

Lalu, kapan waktu terbaik mengonsumsi buah? Seperti dilansir dari healthmeup.com, Naini yang mirip Ayu Ting-Ting ini mengungkap kalau pagi hari adalah waktu paling pas untuk makan buah. Sebelum mengonsumsinya, minum dulu segelas air hangat, agar perut Anda tidak bermasalah, dibutuhkan jeda waktu setidaknya 30 menit, antara makan besar dan mengonsumsi buah. Idealnya, konsumsi buah satu jam sebelum makan atau dua jam setelahnya, terutama jika memiliki penyakit diabetes atau gangguan pencernaan.

Berita Hangat Terbaru Waktu Yang Tepat Makan Buah sangat perlu kita ketahui dan dianjurkan Itu karena, seseorang yang mengalami penyakit diabetes kadang juga bermasalah dengan pencernaan. Anda juga bisa mencampur buah dengan makanan lain seperti yogurt atau sayuran dalam salad, atau sereal. Hal ini tentunya selama tidak menggangu pencernaan, juga, jangan terlalu lama menyimpan buah. Selain rasanya akan berubah, nutrisinya pun bisa berkurang. Sebenarnya, sebagian besar buah yang telah matang, bisa disimpan hingga tiga hari dalam lemari es.  Berikut waktu maksimal penyimpanan empat buah, yang sering dikonsumsi.

- Pisang : tiga hingga empat hari
- Apel : bisa sampai satu minggu
- Pir: lima hingga enam hari
- Pepaya : dua hingga tiga hari

5Larangan Saat Makan Buah
Anda tentu sudah mengetahui bahwa ada banyak buahbuahan yang mengandung banyakVitamin dan mineral seperti buah kiwi, apel, jeruk, mangga, cherry, strawberry, dan sebagainya. Buah juga dikenal sebagai sumber anti ocsidan seperti tomat yang kaya lycopene ataupun mangga yang kaya akan karoten. Jadi, hampir setiap orang mengkonsumsi buah sebagai makanan sehat. Itu memang yang terjadi sebenarnya. Namun masih ada beberapa orang terlalu percaya pada beberapa fungsi buah. Sebenarnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat makan buah. Berikut ini ada 5 larangan dalam mengkonsumsi buah. Apa sajakah itu? Simak artikel berikut.
  1. Jangan konsumsi buah sebagai pengganti sayuran
    Buah mengandung sejumlah asam organik dan zat aromatik yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan membantu penyerapan nutrisi. Terlepas dari fakta ini, sayuran mengandung zat mineral lebih banyak daripada buah. Jika Anda hanya mengkonsumsi buah tanpa mengkonsumsi sayuran dan menganggap buah sudah dapat mengganti sayuran, maka Anda tidak akan mendapatkan cukup nutrisi. Tetap diperlukan konsumsi kurang lebih 500 gram sayuran setiap harinya.
  2. Jangan mengambil buah sebagai pengganti makan
    Tubuh manusia dapat mempertahankan hidup dengan sedikitnya 50 jenis nutrisi terutama lebih dari 65 gram lemak yang dapat menjaga regenerasi dan pemulihan organ. Buah mengandung lebih dari 85% air tetapi kurang dari 1% dari protein, sehingga tidak akan memenuhi kebutuhan asam amino dan asam lemak bagi tubuh. Jadi, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah sebagai pengganti makan Anda.
  3. Jangan terlalu banyak buah dengan tujuan untuk menurunkan berat badan
    Pada dasarnya, buah bukanlah jenis makanan rendah kalori. Ini berisi lebih dari 80% dari gula, sebagian besar buah mengandung gula fruktosa atau gula buah. Meskipun buah mengandung kalori lebih sedikit dari nasi, orang selalu mengkonsumsi buah dalam jumlah karena rasanya yang lezat dan segar. Oleh karena itu, jika ini terjadi, maka lebih banyak kalori yang akan dikonsumsi dan tujuan penurunan berat badan pun tidak akan tercapai.
  4. Jangan dibutakan oleh buah impor
    Banyak orang mungkin mengira bahwa buah impor mengandung nutrisi yang lebih baik dan banyak lagi. Hal ini tidak selalu benar karena beberapa buah impor menadi kurang segar karena waktu transportasi yang panjang.
  5. Jangan tergantung pada buah untuk menambah vitamin
    Sebagian besar buah tidak mengandung vitamin sebanyak yang kita duga. Tetapi jika Anda ingin melengkapi vitamin, tidak bijaksana jika hanya tergantung pada buah saja. Anda harus mengkonsumsi vitamin dari beberapa jenis makanan lain untuk memenuhi kebutuhan vitamin Anda. Atau untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda,Suplemen multivitamin dan multimineral seperti Daily Complete Formula merupakan pilihan yang patut dipertimbangkan.
Buah merupakan makanan yang kaya nutrisi yang sangt baik untuk di konsumsi setiap hari, hanya saja anda perhatikan juga bagaimana mengkonsumsinya, rata-rata orang di Indonesia makann buah setelah makan, padahal itu adalah salah, jadi marilah kita cermati Berita Hangat Terbaru Waktu Yang Tepat Makan Buah dan mengkonsumsi buah dengan bijak.

Artikel yang Berkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Berita Hangat Terbaru All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah | Published by Borneo Templates | Thanks to: Google for Ping my Blog